8. Dari gambar di atas, manakah objek yang diubah menggunakan skew?
a. 3 d. 4
b. 1 e. 5
c. 2
9. Dati gambar di atas, manakah objek yang diubah menggunakan rotate?
a. 3 d. 2
b. 1 e. 4
c. 5
10. Untuk memainkan (play) animasi yang telah dibuat, cukup dengan menekan tombol...
a. Enter d. F6
b. Esc e. Alt
c. F5
11. Berikut yang bukan merupakan karakter adalah....
a. Riset d. scanning
b. membuat sketsa e. membuat model sheet karakter
c. proporsi karakter
12. Apa yang harus dilakukan setelah melakukan install driver scanner?
a. Buka penutup scanner.
b. Menyiapkan dokumen yang akan di-scan.
c. Buka Photoshop.
d. Mencabut penutup scanner.
e. Tutup scanner.
13. Sebelum melakukan pemilihan scanner, apa yang harus dilakukan?
a. Lakukan pemilihan tempat untuk penyimpanan hasil scan.
b. Lakukan pemilihan tempat untuk
c. penyimpanan proses scan. Buka Photoshop.
d. Tutup penutup scanner.
e. Buka penutup scanner.
14. Untuk apa kita perlu melakukan riset pada desain karakter?
a. mengembangkan gaya karakter
b. mengembangkan cerita e. mencari karakter
c. mencari ide d. mengembangkan ide
15. Melakukan konversi gambar manual menjadi gambar digital adalah pengertian dari ....
a. Riset d. proporsi karakter
b. Scanning e. tracing
c. dasar desain karakter
16. Tinggi badan karakter dibandingkan dengan... kepala.
a. 2 d. 6
b. 3 e. 7
c. 5
17. Tinggi badan kartun dibandingkan dengan…..kepala.
a. 3 c. 6 e.7
b. 5 d. 2
18. Shortcut untuk menambah keyframe adalah…
a. FS d. Ctrl
b. F6 e. F8
c. alt
19. Tools apa yang digunakan bila akan melakukan tracing?
a. pen tool d. cut tool
b. pencil tool e. crop tool
c. brush tool
20. Untuk membuat dua objek yang sama, kita dapat memakai fitur....
a. duplicate layer d. gambar ulang
b. tracing e. unduh gambar
c. scanning
21. Yang dimaksud dengan gambar 3d adalah …
a. Bentuk dari benda yang mempunyai ruang lebar dan tinggi
b. Bentuk dari benda yang mempunyai ruang benda lebar dan panjang
c. Bentuk dari benda yang mempunyai ruang lebar, panjang dan tinggi
d. Ruang benda yang memiliki keteraturan bentuk
e. Ruang benda yang tidak memiliki keteraturan bentuk
22. Berikut aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi….
a. Adobe flash dan Blender
b. Adobe Premiere dan Adobe after effect
c. Blender dan Autodesk 3dsmax
d. Cool edit dan Proshow
e. Autdesk 3dsmax dan Proshow
23. Blender merupakan perangkat lunak grafis 3 dimensi yang bersifat bebas (open source) artinya....
a. Dibawah GNU General Public License
b. Dilindungi oleh undang-undang hak cipta
c. Dilindungi license
d. Berbayar selama durasi pemakaian tertentu
e. Tidak digratiskan untuk penggunaan secara umum
24. Penyeleksian object berdasarkan titik-titik bidang dengan cara memilih ….
a. Border
b. Edges
c. Vertex
d. Polygon
e. Dot
25. Merupakan pertemuan sedikitnya dua vertex, adalah....
a. Vertex
b. Edge
c. Face
d. Border
e. Dot
26. Dalam software pengolah gambar 3D dikenal istilah viewport, adalah....
a. Tampilan yang memperlihatkan objek
b. Ruang 3D yang memperlihatkan objek-objek yang akan dibuat
c. Jendela yang berisi berbagai macam menu 3D
d. Tombol yang memberi perintah secara cepat
e. Untuk memodifikasi suatu objek
27. Viewport pada software aplikasi 3DsMax dapat menampilkan hingga …. Bagian
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
28. Pada saat membuka aplikasi 3D, kita akan dihadapkan dengan viewport. Apakah perb layar utama tersebut...
a. Perbedaan posisi penglihatan
b. Perbedaan ukuran objek
c. Perbedaan warna tiap objek
d. Top, bottom, front, back, right, left, view persp
e. Top, bottom, front, back, right, left, view orthogonal
29. Tube adalah perintah untuk membuat cylinder tabung yang memiliki lubang di tenga Perintah tersebut terdapat pada kelompok....
a. Splines
b. Standart primitives
c. Extended primitives
d. Compound object
e. Particle systems
30. Pada mode objek benda 3D hanya bisa di rubah posisi dan diatur skalanya. Sedangka mengubah bentuk model 3D yang sesuai dengan kebutuhan yaitu dengan cara meng posisi object mode dengan posisi....
a. Edit mode
b. Sculpt mode
c. Vertex paint
d. Texture paint
e. Weight paint
31. Pada software 3Dmax, terdapat tombol-tombol perintah untuk membuat objek, baik Dimensi ataupun 3 Dimensi. Cara membuat object 2 Dimensi yaitu pilih tombol Creat Shape -> Splines. Adapun objek yang dapat dibentuk pada Splines adalah …
a. Box
b. Sphere
c. Star
d. Prism
e. Pyramids
32. Dengan menu Add Anda dapat membuat obyek plane, cube, circle, uv sphere, ico sph cylinder, cone dan torus. Yang terdapat pada kelompok....
a. Mesh
b. Curve
c. Surface
d. Metaball
e. Text
33. Pada 3DsMax penujuk arah kordinat disebut dengan....
a. Grid
b. Transform Gizmo
c. Modiflier
d. Align
e. Snap toogle
34. [R]+[Shift ]+[X] perintah tersebut adalah....
a. Objek akan bergeser pada sumbu X
b. Objek diputar pada sumbu X
c. Objek memperbesar / memperkecil menurut sumbu X
d. Objek akan diputar pada sumbu Y dan Z karena sumbu X telah dikunci agar tidak berubah
e. Objek memperbesar / memperkecil pada sumbu Y dan Z karena sumbu X telah di agar tidak berubah
35. Untuk membuat salinan/duplikat suatu objek pada aplikasi blender anda dapat mene perintah tombol keyboard (shortcut)....
a. Alt+Tab
b. Alt+D
c. Shift+Tab
d. Shift+D
e. Ctrl+D