-->

Contoh Soal Semester Pilihan Ganda Teknik Animasi 2D dan 3D Kelas XI

1. Pilihlah Jawaban Berikut Dengan Tepat ! 
1. Proses pembuatan gambar-gambar di antara dua gambar kunci untuk memperlihatkan gerakan animasi yang halus dari gambar kunci awal ke gambar kunci akhir adalah proses

a. tweening d. framing

b. onion Skin e. drawing

c. twinning

2. Klik kanan, pilih insert frame untuk menambah frame pada seluruh layer atau dengan menekan

a. F5 d. Ctrl+T

b. F6 e. Alt+T

c. Ctrl+S

3. Klik kanan pilih insert keyframe untuk membuat keyframe atau dengan menekan

a. F5 d. Ctrl+S

b. Ctrl+T e.  Alt+T

c. F6

4. Ketika onion skin aktif, pada timeline akan muncul marker titik berwarna.....

a. biru dan hijau d. kuning dan biru

b. merah dan biru e. kuning dan merah

c. merah dan hijau

5. Melakukan teknik tweening untuk....

a. memperhalus gerakan animasi dari pose awal ke pose akhir
b. memperbanyak gerakan animasi dari pose awal ke pose akhir
c. memperhalus objek animasi
d. mengevaluasi kesalahan dari pose awal ke pose akhir
e membuat pose awal dan pose akhir

6. Langkah untuk membuat keyframe kosong adalah....

a. Klik kanan insert blank keyframe d. F6

b. Ctrl + Alt + Enter e. Klik kiri 2 kali insert blank keyframe

 c. F5 


7. Tools yang berfungsi untuk melakukan teknik tweening dengan cara melihat gambar sebelumnya dan gambar selanjutnya agar gambar tweening yang dihasilkan akan lebih akurat sesuai dengan gerakan animasi adalah

a. tweening d. framing

b. onion skin     e. drawing

c. twinning

Gambar berikut untuk soal nomor 8 dan 9 !



8. Dari gambar di atas, manakah objek yang diubah menggunakan skew?
a. 3 d. 4
b. 1 e. 5
c. 2
9. Dati gambar di atas, manakah objek yang diubah menggunakan rotate?
a. 3 d. 2
b. 1 e. 4
c. 5
10. Untuk memainkan (play) animasi yang telah dibuat, cukup dengan menekan tombol...
a. Enter d. F6
b. Esc        e. Alt
c. F5
11. Berikut yang bukan merupakan karakter adalah....
a. Riset d. scanning
b. membuat sketsa e. membuat model sheet karakter
c. proporsi karakter
12. Apa yang harus dilakukan setelah melakukan install driver scanner?
a. Buka penutup scanner.
b. Menyiapkan dokumen yang akan di-scan.
c. Buka Photoshop.
d. Mencabut penutup scanner.
e. Tutup scanner.
13. Sebelum melakukan pemilihan scanner, apa yang harus dilakukan?
a. Lakukan pemilihan tempat untuk penyimpanan hasil scan.
b. Lakukan pemilihan tempat untuk
c. penyimpanan proses scan. Buka Photoshop.

d. Tutup penutup scanner.
e. Buka penutup scanner.
14. Untuk apa kita perlu melakukan riset pada desain karakter?
a. mengembangkan gaya karakter
b. mengembangkan cerita e. mencari karakter
c. mencari ide d. mengembangkan ide
15. Melakukan konversi gambar manual menjadi gambar digital adalah pengertian dari ....
a. Riset d. proporsi karakter
b. Scanning e. tracing
c. dasar desain karakter


16. Tinggi badan karakter dibandingkan dengan... kepala.

a. 2 d. 6

b. 3 e. 7

c. 5

17. Tinggi badan kartun dibandingkan dengan…..kepala.

a. 3 c. 6 e.7

b. 5 d. 2 


18. Shortcut untuk menambah keyframe adalah…

a. FS d. Ctrl

b. F6 e. F8

c. alt

19. Tools apa yang digunakan bila akan melakukan tracing?

a. pen tool d. cut tool

b. pencil tool e. crop tool

c. brush tool

20. Untuk membuat dua objek yang sama, kita dapat memakai fitur....

a. duplicate layer d. gambar ulang

b. tracing e. unduh gambar

c. scanning

21. Yang dimaksud dengan gambar 3d adalah …

a. Bentuk dari benda yang mempunyai ruang lebar dan tinggi
b. Bentuk dari benda yang mempunyai ruang benda lebar dan panjang
c. Bentuk dari benda yang mempunyai ruang lebar, panjang dan tinggi
d. Ruang benda yang memiliki keteraturan bentuk
e. Ruang benda yang tidak memiliki keteraturan bentuk

22. Berikut aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi….

a. Adobe flash dan Blender
b. Adobe Premiere dan Adobe after effect
c. Blender dan Autodesk 3dsmax
d. Cool edit dan Proshow
e. Autdesk 3dsmax dan Proshow

23. Blender merupakan perangkat lunak grafis 3 dimensi yang bersifat bebas  (open  source) artinya....

a. Dibawah GNU General Public License
b. Dilindungi oleh undang-undang hak cipta
c. Dilindungi license
d. Berbayar selama durasi pemakaian tertentu
e. Tidak digratiskan untuk penggunaan secara umum

24. Penyeleksian object berdasarkan titik-titik bidang dengan cara memilih ….

a. Border
b. Edges
c. Vertex
d. Polygon
e. Dot

25. Merupakan pertemuan sedikitnya dua vertex, adalah....

a. Vertex
b. Edge
c. Face
d. Border
e. Dot

26. Dalam software pengolah gambar 3D dikenal istilah viewport, adalah....

a. Tampilan yang memperlihatkan objek
b. Ruang 3D yang memperlihatkan objek-objek yang akan dibuat
c. Jendela yang berisi berbagai macam menu 3D
d. Tombol yang memberi perintah secara cepat
e. Untuk memodifikasi suatu objek

27. Viewport pada software aplikasi 3DsMax dapat menampilkan hingga …. Bagian

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

28. Pada saat membuka aplikasi 3D, kita akan dihadapkan dengan viewport. Apakah perb layar utama tersebut...

a. Perbedaan posisi penglihatan
b. Perbedaan ukuran objek
c. Perbedaan warna tiap objek
d. Top, bottom, front, back, right, left, view persp
e. Top, bottom, front, back, right, left, view orthogonal

29. Tube adalah perintah untuk membuat cylinder tabung yang memiliki lubang di tenga Perintah tersebut terdapat pada kelompok....

a. Splines
b. Standart primitives
c. Extended primitives
d. Compound object
e. Particle systems

30. Pada mode objek benda 3D hanya bisa di rubah posisi dan diatur skalanya. Sedangka mengubah bentuk model 3D yang sesuai dengan kebutuhan yaitu dengan cara meng posisi object mode dengan posisi....

a. Edit mode
b. Sculpt mode
c. Vertex paint
d. Texture paint
e. Weight paint

31.    Pada software 3Dmax, terdapat tombol-tombol perintah untuk membuat objek, baik Dimensi ataupun 3 Dimensi. Cara membuat object 2 Dimensi yaitu pilih tombol Creat Shape -> Splines. Adapun objek yang dapat dibentuk pada Splines adalah …

a. Box
b. Sphere
c. Star
d. Prism
e. Pyramids

32. Dengan menu Add Anda dapat membuat obyek plane, cube, circle, uv sphere, ico sph cylinder, cone dan torus. Yang terdapat pada kelompok....

a. Mesh
b. Curve
c. Surface
d. Metaball
e. Text

33. Pada 3DsMax penujuk arah kordinat disebut dengan....
a. Grid
b. Transform Gizmo
c. Modiflier
d. Align
e. Snap toogle

34. [R]+[Shift ]+[X] perintah tersebut adalah....
a. Objek akan bergeser pada sumbu X
b. Objek diputar pada sumbu X
c. Objek memperbesar / memperkecil menurut sumbu X
d. Objek akan diputar pada sumbu Y dan Z karena sumbu X telah dikunci agar tidak berubah
e. Objek memperbesar / memperkecil pada sumbu Y dan Z karena sumbu X telah di agar tidak berubah


35. Untuk membuat salinan/duplikat suatu objek pada aplikasi blender anda dapat mene perintah tombol keyboard (shortcut)....
a. Alt+Tab
b. Alt+D
c. Shift+Tab
d. Shift+D
e. Ctrl+D


LihatTutupKomentar