-->

Struktur Navigasi



Terdapat lima jenis struktur  navigasi yang bisa digunakan, yaitu flowchart, struktur linier, struktur hierarchical, struktur non-linier. dan struktur komposit.

1. Flowchart
    Flowchart adalah bagan atau gambar yang menunjukan urutan dan hubungan antara satu proses dengan proses lain.Agar lebih mudah dipahami, Flowchart biasanya digambarkan dengan macam macam simbol yang setiap simbolnya mewakili watu proses tertentu. Flowchart biasanya menjadi langkah awal yang paling dasar dalam membuat suatu program. Flowchart berfungsi untuk memperjelas alur proses kegiatan dan mempermudah bila ada penambahan fitur atau proses. Saat flowchart telah terbentuk. programmer menerjemahkannya dalam bentuk aplikasi.

    Teknik perancangan flochart  tidak  dipat dilakukan secara sembarang, melainkan telah diatur secara
husus sebagai berikut.

a.)  Penyusunan flowchart diawali dari pojok kiri atas layar.
b.)  Setiap proses harus memiliki input dan output
c.)  Simbol harus selalu disesuaikan dengan jenis flowchart-nya.
d.)  bila ada garis alur yang berpotongan. gunakanlah simbol koneksi yana menghindari kekusutan. 
e.)  Setiap simbol harus diberikan deskripsi agar lebih jejas.

2. Struktur Linear
    Struktur ini adalah struktur yang paling sederhana dan mudah untuk dibuat karena hanya memiliki satu ceria secara berurutan. Oleh karena itu, tampilan yang dihasilkan pun sederhana, yaitu setelah satu halaman, maka ada satu halaman sebelumnya dan satu halaman sesudahnya. Stuktur ini biasa digunakan dalam multimedia presentasi karena hanya membutuhkan keindahan dan mulai menampilkan data.

3. Struktur Hierarchical
    Berbeda dengan struktur linear, struktur navigasi Hierarchical (bercabang) memiliki percabangan dalam menampilkan informasi berdasarkan kriteria tertentu. Perbedaan paling signifikan dengan struktur linier  adalah struktur ini dapat memuat dua atau lebih halaman setelah halaman utama. Halarman utama biasa disebut parents, sedangkan halaman cabangnya biasa disebut child.

4. Struktur Nonlinear
  Seperti namannya truktur navigani nonlinear berarti tídak berurutan. Serukrur ini adalah pengembangan dari struktur linear. Jadi, struktur ini memungkinan untuk menampilkan halaman yang bercabang, tapi setiap percabangan memiliki tampilan kedudukan yang sama. Hal inilah yang membedakannya dengan struktur hierarki

5. Struktur Composite
    Struktur navigasi ini merupakan struktur yang paling komplek karena menggabungkan ketiga seruktur sebelumnya. Struktur ini sering disebut sebagai struktur navigasi bebas. Meskipun lebih lengkap, struktur ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihannya adalah aplikasi mampu memberikan keterkaitan informasi yang lebih baik, tapi kekurangannya menjadi lebih rumit saat pembuatannya.

LihatTutupKomentar