-->

Soal Desain Media Interaktif SMK Multimedia Kelas XII


SOAL SEMESTER GANJIL
DESAIN MEDIA INTERAKTIF
KELAS XII


A. Pilihan Ganda
1. Multimedia dibagi menjad dua kategori, yaitu ....
A. multimedia comunication dan multimedia conten production
B. multimedia communication dan multimedia conten production
C. multimedia content production dan multimedia communication
D. multimedia conten production dan multimedia communication
E. multimedia content production dan multimedia communication
2. Dibawah ini adalah proses pada pre-production, kecuali ....
A. Penuangan ide
B. Perencanaan produk
C. Perencanaan proses produksi
D. Penyusunan dokumentasi
E. Pengujian beta
3. Realisasi dari sebuah ide pemikiran dan gagasan yang bertujuan untuk menuangkannya
    kedalam media visual dan audio disebut ....
A. Story line
B. Script
C. Naskah cerita
D. Ide dan pemilihan konsep
E. Sinopsis
4. Bagian yang berisi urutan frame dari pertama hingga akhir berdasarkan waktu dinamakan…
A. Timeline
B. Scene
C. Stage
D. Symbol
E. Frame Per Second
5. Berikut ini format berkas yang dapat dihasilkan oleh Macromedia Flash…
A. doc, xls dan ppt
B. html, htm dan php
C. cdr, psd dan ai
D. swf, mov dan gif
E. pdf, cdr dan php

6. Agar file simpanan berupa projector dan dapat dijalankan langsung oleh pengguna tanpa
    membutuhkan software lain, maka format berkas memakai ekstensi…
A. fla
B. exe
C. flv
D. html
E. jpg
7. Untuk menampilkan symbol agar bisa dipakai berulang ulang pada proyek animasi adalah
   dengan menekan tombol fungsi ….
A. F9
B. F10
C. F11
D. F12
E. F7
8. Apa fungsi Library didalam Flash ?
A. Tempat menyimpan Simbol
B. Tempat menyimpan gambar-gambar
C. Tempat menyimpan Picture
D. Tempat menyimpan font dan warna
E. Tempat menyimpan simbol-simbol dan gambar
9. Menampilkan Windows Flash Flayer atau Test Movie,dilakukan dengan menekan …..
     A. Ctrl+S
     B. Ctrl+N
     C. Ctrl+Enter
     D. Ctrl+O
     E. Ctrl+P
10. Format Save Type bawaan dari Flash 8, yaitu,,,
     A. *.cdr
     B. *.fla
     C. *.jpeg
     D. *.psd
     E. *.ai


11. Membuat objek secara bebas dengan titik sebagai penghubung merupakan fungsi 
     dari…..tool.
A.    Brush
B.     Lasso
C.     Pen
D.    Oval
E.     Eraser
12. Frame rate standar dari Flash 8 yaitu……fps
     A. 12
     B. 24
     C. 48
     D. 6
     E. 3
13. Untuk mengubah atau memutar bentuk objek sesuai keinginan adalah….
     A. Selection
     B. Sub Selection
     C. Free Transform
     D. Ink Bottle Tool
     E. Pencil
14. Untuk memunculkan atau menyembunyikan panel action digunakan shortcut……
     A. F9
     B. F8
     C. F7
     D. F3
     E. F2

15. Di bawah ini yang termasuk komponen Toolbox adalah……
     A. Scene
     B. Time Line
     C. Propertis
     D. Actions
     E. Line

16. Yang termasuk kegunaan layer ,kecuali….
     A. Menyimpan objek-objek berupa graphic atau button
     B. Menulis Script atau bahasa pemrograman Flash
     C. Mengatur ukuran background
     D. Memainkan objek yang diberi animasi
     E. Menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain

17. Di bawah ini yang bukan merupakan salah satu bagian panel yaitu…
     A. Menu bar
     B. tools
     C. Action
     D. Propertis
     E. Color
18. Stage digunakan memainkan objek-objek yang akan diberi animasi,nama lain Stage  
      adalah….
A.    Layar atau panggung
B.     Layer
C.     Time Line
D.    Frame
E.     Tools

19. Di bawah ini sub menu yang terdapat pada menu insert ,kecuali….
     A. Save
     B. New Symbol
     C. Time Line
     D. Time Line Effect
     E. Scene
20. Pilihan save as type export di Macromedia Flash adalah berikut, kecuali…
     A. *.swf,*.avi
     B. *.mov,*.gif
     C. *.doc,*.xls
     D. *.jpg,*.bmp
     E. *.eps,*.png
21. Sebuah objek dapat menjadi beberapa macam clip,kecuali…..
     A. Movie Clip
     B. Button
     C. Graphic
     D. a,b & c benar
     E. Film Clip
22. Fungsi utama perangkat lunak Flash adalah untuk…
     A. Menggambar
     B. Menghitung
     C. Laporan
     D. Animasi
     E. Fotografi


23. Untuk membuat animasi pergerakan objek ,biasanya dengan tahapan….
     A. klik kanan-Tween-Create Animation
     B. klik kanan-Motion Tween –Create Animation
     C. klik kanan-Insert Frame – Create Animation
     D. klik kanan – create motion tween
     E. klik kanan – create animation tween
24. Gerakan animasi yang dapat diterapkan dalam motion tween adalah sebagai berikut..
     A. Skala
     B. Posisi
     C. Rotasi
     D. Warna
     E. Transparansi
25. File yang terbentuk ketika kita merekam tugas FLASH berekstensi….
     A. .exe
     B. .fla
     C. .swf
     D. .gif
     E. html
26. Untuk membuat objek lingkaran atau bola pada Flash kita biasa menggunakan oval tool, 
      Shortcut untuk oval tools yaitu…..
A.    (P)
B.     (E)
C.     (G)
D.    (O)
E.     (W)


27. Shortcut untuk menkonvert objek ke symbol yaitu…
     A. F9
     B. F8
     C. F7
     D. F3
     E. F2

28.
                                
                                          Di samping adalah koding untuk       menjlankan fungsi tombol….

                                                 A. Play
                                                 B. Stop
                                                 C. Pause
                                                 D. Panah kiri
                                                 E. Panah kanan

29.

                                                      Di samping adalah koding untuk menjlankan fungsi   
                                                           tombol….
                                                        A. Play
                                                        B. Stop
                                                        C. Pause
                                                        D. Panah kiri
                                                        E. Panah kanan

30. Nama symbol  tidak dapat di deteksi oleh kode secara langsung, sehingga perlu 
      ditambahkan…
A.    Instance Name
B.     Keyword
C.     Variable
D.    Fungsi
E.     Movie Clip
31. Symbol di Flash yang memiliki timeline tersendiri di sebut….
     A. Button
     B. Graphic
     C. Movie Clip
     D. a,b dan c benar
     E. Film Clip

32. Suatu kegiatan menuliskan kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan  
      sesuatu disebut….
A.    Script
B.     Syntax
C.     Pemrograman
D.    Pemrosesan
E.     Programer
33. Adobe Flash memiliki bahasa pemrograman yang disebut…..
     A. Pascal
     B. PHP
     C. Java
     D. Action Script
     E. HTML
34. Untuk menampilkan action panel dengan menekan menu…
     A. window – action
     B. window – library
     C. window – properties
     D. window – time line
     E. window – tools

35. Kode trace berfungsi untuk menampilkan Parameter yang ada di dalam tanda …
     A. ( )
B. “ “
C. {}
D. [ ]
E. < >

36. A String literal must be terminated before the line break atau dapat diartikan sederhana
     bahwa sebuah variabel berupa String harus diakhiri dengan tanda…
A.    ;
B.    
C.     }
D.    )
E.     \

37. Seperangkat aturan yang harus dipenuhi dalam penulisan kode disebut…
A.    Script
B.     Syntax
C.     Pemrograman
D.    Pemrosesan
E.     Programer
38. Setiap kode harus ditulis tepat sebagaimana mestinya merupakan pengertian dari ….
     A. Semicolons
     B. Parentheses
     C. Whitespace
     D. Code Block
     E. Case Sensitive
39. Satu baris atau lebih yang terletak di dalam kurung kurawa { } disebut sebagai …..
     A. Comments
     B. Parentheses
     C. Whitespace
     D. Code Block
     E. Case Sensitive
40. Ketika menulis kode dalam jumlah banyak (misal 2000 baris kode) dibutuhkan ……
     A. Comments
     B. Parentheses
     C. Whitespace
     D. Code Block
     E. Case Sensitive


B. ISIAN

1. Jelaskan aturan-aturan dalam menuliskan nama dan nilai Variabel pada bahasa program action 
     Script !
2. Sebutkan macam-macam Tipe Data !
3. Sebutkan aturan-aturan dalam penulisan Action Script 3(AS3)
4. Apakah nama bagian-bagian dari kode berikut !
     private var carSpeed:Number = 10;

5. Tunjukkan letak kesalahan syntax berikut dan tulislah perbaikannya!
On clipevent(enterframe)
If(hisTes(-rot.bola){
_rot.bola.kecepatany=-
_rot.bola.kecepatany;
                 }
LihatTutupKomentar