SOAL
SEMESTER GANJIL
DESAIN
MEDIA INTERAKTIF
KELAS
XII
A.
Pilihan Ganda
1. Multimedia dibagi menjad dua
kategori, yaitu ....
A.
multimedia comunication dan multimedia conten production
B.
multimedia communication dan multimedia conten production
C.
multimedia content production dan multimedia communication
D.
multimedia conten production dan multimedia communication
E.
multimedia content production dan multimedia communication
2. Dibawah ini adalah proses pada
pre-production, kecuali ....
A.
Penuangan ide
B.
Perencanaan produk
C.
Perencanaan proses produksi
D.
Penyusunan dokumentasi
E.
Pengujian beta
3. Realisasi dari sebuah ide
pemikiran dan gagasan yang bertujuan untuk menuangkannya
kedalam media visual dan audio disebut ....
A.
Story line
B.
Script
C.
Naskah cerita
D.
Ide dan pemilihan konsep
E.
Sinopsis
4. Bagian yang berisi urutan
frame dari pertama hingga akhir berdasarkan waktu dinamakan…
A.
Timeline
B.
Scene
C.
Stage
D.
Symbol
E.
Frame Per Second
5. Berikut ini format berkas yang
dapat dihasilkan oleh Macromedia Flash…
A.
doc, xls dan ppt
B.
html, htm dan php
C.
cdr, psd dan ai
D.
swf, mov dan gif
E.
pdf, cdr dan php
6. Agar file simpanan berupa
projector dan dapat dijalankan langsung oleh pengguna tanpa
membutuhkan software lain, maka format
berkas memakai ekstensi…
A.
fla
B.
exe
C.
flv
D.
html
E.
jpg
7. Untuk menampilkan symbol agar
bisa dipakai berulang ulang pada proyek animasi adalah
dengan menekan tombol fungsi ….
A.
F9
B.
F10
C.
F11
D.
F12
E.
F7
8. Apa fungsi Library didalam
Flash ?
A.
Tempat menyimpan Simbol
B.
Tempat menyimpan gambar-gambar
C.
Tempat menyimpan Picture
D.
Tempat menyimpan font dan warna
E.
Tempat menyimpan simbol-simbol dan gambar
9. Menampilkan Windows
Flash Flayer atau Test Movie,dilakukan dengan menekan …..
A. Ctrl+S
B. Ctrl+N
C. Ctrl+Enter
D. Ctrl+O
E. Ctrl+P
10.
Format Save Type bawaan dari Flash 8, yaitu,,,
A. *.cdr
B. *.fla
C. *.jpeg
D. *.psd
E. *.ai
11. Membuat objek
secara bebas dengan titik sebagai penghubung merupakan fungsi
dari…..tool.
A. Brush
B. Lasso
C. Pen
D. Oval
E. Eraser
12. Frame rate standar
dari Flash 8 yaitu……fps
A. 12
B. 24
C. 48
D. 6
E. 3
13. Untuk mengubah atau
memutar bentuk objek sesuai keinginan adalah….
A. Selection
B. Sub Selection
C. Free Transform
D. Ink Bottle Tool
E. Pencil
14. Untuk memunculkan
atau menyembunyikan panel action digunakan shortcut……
A. F9
B. F8
C. F7
D. F3
E. F2
15. Di bawah ini yang
termasuk komponen Toolbox adalah……
A. Scene
B. Time Line
C. Propertis
D. Actions
E. Line
16. Yang termasuk kegunaan
layer ,kecuali….
A. Menyimpan objek-objek berupa graphic atau button
B. Menulis Script atau bahasa pemrograman Flash
C. Mengatur ukuran background
D. Memainkan objek yang diberi animasi
E. Menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat
diolah dengan objek lain
17. Di bawah ini yang
bukan merupakan salah satu bagian panel yaitu…
A. Menu bar
B. tools
C. Action
D. Propertis
E. Color
18. Stage digunakan
memainkan objek-objek yang akan diberi animasi,nama lain Stage
adalah….
A. Layar
atau panggung
B. Layer
C. Time
Line
D. Frame
E. Tools
19. Di bawah ini sub
menu yang terdapat pada menu insert ,kecuali….
A. Save
B. New Symbol
C. Time Line
D. Time Line Effect
E. Scene
20. Pilihan save as
type export di Macromedia Flash adalah berikut, kecuali…
A. *.swf,*.avi
B. *.mov,*.gif
C. *.doc,*.xls
D. *.jpg,*.bmp
E. *.eps,*.png
21. Sebuah objek dapat
menjadi beberapa macam clip,kecuali…..
A. Movie Clip
B. Button
C. Graphic
D. a,b & c benar
E. Film Clip
22. Fungsi utama
perangkat lunak Flash adalah untuk…
A. Menggambar
B. Menghitung
C. Laporan
D. Animasi
E. Fotografi
23. Untuk membuat
animasi pergerakan objek ,biasanya dengan tahapan….
A. klik kanan-Tween-Create Animation
B. klik kanan-Motion Tween –Create Animation
C. klik kanan-Insert Frame – Create Animation
D. klik kanan – create motion tween
E. klik kanan – create animation tween
24. Gerakan animasi
yang dapat diterapkan dalam motion tween adalah sebagai berikut..
A. Skala
B. Posisi
C. Rotasi
D. Warna
E. Transparansi
25. File yang terbentuk
ketika kita merekam tugas FLASH berekstensi….
A. .exe
B. .fla
C. .swf
D. .gif
E. html
26. Untuk membuat objek
lingkaran atau bola pada Flash kita biasa menggunakan oval tool,
Shortcut untuk oval tools yaitu…..
A. (P)
B. (E)
C. (G)
D. (O)
E. (W)
27.
Shortcut untuk menkonvert objek ke symbol yaitu…
A. F9
B. F8
C. F7
D. F3
E. F2
28.
Di
samping adalah koding untuk menjlankan fungsi tombol….
A.
Play
B.
Stop
C.
Pause
D.
Panah kiri
E.
Panah kanan
29.
Di samping adalah koding untuk menjlankan fungsi
tombol….
A. Play
B. Stop
C. Pause
D. Panah kiri
E. Panah kanan
30. Nama symbol
tidak dapat di deteksi oleh kode secara langsung, sehingga perlu
ditambahkan…
A. Instance
Name
B. Keyword
C. Variable
D. Fungsi
E. Movie
Clip
31. Symbol di Flash
yang memiliki timeline tersendiri di sebut….
A. Button
B. Graphic
C. Movie Clip
D. a,b dan c benar
E. Film Clip
32. Suatu kegiatan
menuliskan kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan
sesuatu disebut….
A. Script
B. Syntax
C. Pemrograman
D. Pemrosesan
E. Programer
33. Adobe Flash
memiliki bahasa pemrograman yang disebut…..
A. Pascal
B. PHP
C. Java
D. Action Script
E. HTML
34. Untuk menampilkan action panel
dengan menekan menu…
A. window – action
B. window – library
C. window – properties
D. window – time line
E. window – tools
35.
Kode trace berfungsi untuk menampilkan Parameter yang ada di dalam tanda
…
A. ( )
B. “
“
C.
{}
D. [
]
E.
< >
36. A String literal must be terminated
before the line break atau dapat diartikan sederhana
bahwa sebuah
variabel berupa String harus diakhiri dengan tanda…
A.
;
B.
“
C.
}
D.
)
E.
\
37. Seperangkat aturan yang harus
dipenuhi dalam penulisan kode disebut…
A. Script
B. Syntax
C. Pemrograman
D. Pemrosesan
E. Programer
38. Setiap kode harus
ditulis tepat sebagaimana mestinya merupakan pengertian dari ….
A. Semicolons
B. Parentheses
C. Whitespace
D. Code Block
E. Case Sensitive
39. Satu baris atau
lebih yang terletak di dalam kurung kurawa { } disebut sebagai …..
B. Parentheses
C. Whitespace
D. Code Block
E. Case Sensitive
40. Ketika menulis kode
dalam jumlah banyak (misal 2000 baris kode) dibutuhkan ……
A. Comments
B. Parentheses
C. Whitespace
D. Code Block
E. Case Sensitive
B. ISIAN
1. Jelaskan
aturan-aturan dalam menuliskan nama dan nilai Variabel pada bahasa program
action
Script !
2. Sebutkan macam-macam
Tipe Data !
3. Sebutkan
aturan-aturan dalam penulisan Action Script 3(AS3)
private
var carSpeed:Number = 10;
5.
Tunjukkan letak kesalahan syntax berikut dan tulislah perbaikannya!
On clipevent(enterframe)
If(hisTes(-rot.bola){
_rot.bola.kecepatany=-
_rot.bola.kecepatany;
}